Bupati Bogor Janji Relokasi Warga Terdampak Bencana


BOGOR, Kobra Post.
Bupati Bogor, Ade Yasin berjanji akan merelokasi warga yang rumahnya tertimbun tanah longsor di awal Januari 2020 lalu. Bencana alam tersebut diketahui mencakup wilayah yang luas di Kabupaten Bogor.

Ade Yasin mengatakan pemerintah daerah kini fokus merancang proyek relokasi tersebut. Namun Pemkab Bogor masih mendata jumlah penduduk yang perlu direlokasi.

“Saat ini Pemkab Bogor fokus menangani pengungsi dan relokasi, karena memang jumlah pengungsi masih banyak. Kami fokus ke sana dulu,” kata Bupati Ade Yasin, Sabtu (18/01/2020).

Menurut data jumlah pengungsi bencana tanah longsor di Kabupaten Bogor masih sekitar 17.869 warga. Dia mengatakan bencana longsor yang terjadi di wilayahnya disebabkan berbagai hal.

“Penyebabnya karena ada alih fungsi lahan, penambangan liar sampai illegal loging,” katanya.



Setelah selesai dengan urusan pengungsi, Ade berjanji akan menghijaukan kembali kawasan pegunungan untuk mencegah terjadinya longsor di masa mendatang.

“Setelah selesai dengan pengungsi, kami akan hijaukan kembali lahan-lahan rusak,” ucapnya.

Tentang penambangan liar, Ade menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum untuk mengambil tindakan tegas.

“Kami serahkan ke aparat penegak hukum untuk mendalami penyebab longsor. Saya berharap ini dituntaskan dan kedepan, kami tidak ingin kejadian seperti ini terjadi lagi,” pungkasnya.

Post a Comment

0 Comments