Selamat Tinggal Taman Topi, Alun-Alun Taman Topi Prioritas Pembangunan Tahun 2020



BOGOR, Kobra Post.
Bagi warga Bogor, Plaza Kapten Muslihat atau Taman Topi Bogor yang dulu dikenal sebagai Taman Ade Irma Suryani pasti sudah tak asing dan banyak meninggalkan kenangan atau kesan tersendiri.

Betapa tidak, taman yang berdiri sejak 1975 itu sebagai tempat wisata murah meriah dan tertua di Kota Bogor. Bagi warga Bogor khususnya anak-anak dapat menikmati wahana yang menyenangkan di Taman Topi, dan Plaza Kapten Muslihat.

Kini Taman Topi akan menjadi kenangan, sebab pada tahun 2020 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan merubah fungsi Taman Topi menjadi kawasan alun-alun Kota Bogor. Pembangunan alun-alun Taman Topi adalah salah satu 10 program prioritas pembangunan dari 284 kegiatan pengadaan barang dan jasa pada tahun 2020.

Wakil Walikota Bogor Dedie A.Rachim mengatakan, konsep alun-alun nantinya akan terintegrasi dengan Stasiun Bogor dan Masjid Agung. Pemkot Bogor, kata dia, telah melakukan sosialisasi pembangunan alun-alun termasuk merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) yang telah berjualan di sana selama puluhan tahun.

“Pembangunan alun-alun Taman Topi anggarannya dari Pemprov Jabar,” jelas Dedie.


Sementara itu berdasarkan data dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Kota Bogor, dari 284 Pengadaan Barang Jasa di sepanjang tahun 2020 ada 10 program Pengadaan Barang Jasa yang menjadi prioritas Pemkot Bogor diantaranya pembangunan alun-alun Taman Topi. Selain karena anggaran untuk pengadaan barang dan jasa sudah ada, baik dari APBD Kota Bogor ataupun dari Bantuan Provinsi juga peraturan timeline tender yang sangat ketat.

“Kami ditugaskan untuk mengawal kegiatan pembangunan terutama yang merupakan program prioritas Pemkot Bogor. Jadi kami harus mengawal dan mengamankan program yang prioritas,” tegas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dody Ahdiat seusai rapat dengan Walikota Bogor, baru-baru ini.

Dody menambahkan, dibawah Bagian PBJ pihaknya sudah membentuk beberapa pokja yang bertanggung jawab untuk mengawal setiap pengadaan Barang dan Jasa. Kami terus berkomunikasi dengan OPD yang menjadi pelaksana kegiatan, seperti Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan lainnya.

“Harapan kami OPD harus menyukseskan tender ini, harus dilakukan dengan cepat dan tanpa ada kesalahan,” pungkasnya.

Berikut 10 Program Pembangunan Prioritas tahun 2020  :

1. Pelebaran jembatan otista dengan anggaran Rp 40 Miliar
2. Penataan Suryakencana dengan anggaran Rp 30 Miliar
3. Pembangunan Alun-alun Taman Topi Kota Bogor dengan anggaran Rp 12 Miliar
4. Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor dengan anggaran Rp 14,6 Miliar
5. Revitalisasi gedung perpustakaan dengan anggaran Rp 14,6 Miliar
6. Pembangunan Puskesmas Kayumanis dengan anggaran Rp 5,7 Miliar
7. Pembangunan Puskesmas GG Aut dengan anggaran kurang lebih Rp 4 Miliar
8. Pembangunan Puskesmas Lawang Gintung dengan anggaran Rp 4,7 Miliar
9. Pembangunan Sekolah Satu Atap di Kelurahan Kencana dengan anggaran Rp 5,5 Miliar
10. Pengadaan Alat Kesehatan RSUD dengan anggaran Rp 55 Miliar

Post a Comment

0 Comments